Pages

Kamis, 09 Januari 2014

TBAP News

Hadir Karena Peduli Pendidikan



Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Masih banyak anak-anak bangsa yang tidak dapat menikmati dunia pendidikan secara menyeluruh. Misalnya, sekolah dan bimbingan belajar. Semua itu dapat disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya minimnya kemampuan ekonomi, kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas, serta kurangnya pemahaman tentang pentingnya pendidikan untuk masa depan.

Berlandaskan rasa kepedulian terhadap pendidikan, gabungan pemuda dan pelajar di Kab. Pandeglang, dan berbagai komunitas/ organisasi, diantaranya: Banten Muda Community, Forum OSIS Kab. Pandeglang, Forum OSIS Banten, dan Forum Anak Kab. Pandeglang, membentuk Taman Belajar Anak Pandeglang (TBAP), yang peresmiannya telah dilaksanakan pada minggu, (29/12/ 2013) lalu.

TBAP adalah salah satu program pendidikan non-formal yang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, keterampilan, daya nalar dan pemikiran anak-anak bangsa yang berlandaskan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dapat mempertinggi budi pekerti dan meningkatkan semangat belajar,  menuju perubahan yang lebih baik, ujar Abu Rizal Syifa, ketua program TBAP.

Dalam salah satu sistemnya, TBAP akan hadir disatu desa dalam periode satu tahun, setelah itu pindak ke daerah/ desa lainnya yang dianggap sangat membutuhkan kehadiran TBAP. Pada tahun pertama ini TBAP hadir di Kp. Cigintung Ds. Sukamanah Kec. Kaduhejo Kab. Pandeglang.

Di sini kami mencoba memberikan semangat dan inspirasi positif kepada anak-anak, pemuda, dan masyarakat Pandeglang, terutama yang berada di Desa Sukamanah saat ini, untuk dapat terus melakukan kebaikan demi dirinya, agama, dan bangsa, ujar Rizal kembali.

TBAP menyediakan berbagai macam jenis buku, sebagai bahan bacaan yang dapat menambah wawasan. Tidak hanya itu, setiap minggunya, akan ada pengajar muda dari berbagai Perguruan Tinggi dan Sekolah Menengah Atas, yang akan membagi ilmu kepada anak-anak, pemuda, dan masyrakat di Kp. Cigintung Ds. Sukamanah ini, dan perlu diketahui, bahwa semua pengajar muda tersebut, adalah relawan.

Rizal juga mengatakan, TBAP tidak tersentuh oleh pemerintah Kab. Pandeglang, TBAP berdiri di atas kaki sendiri, dari keringat para relawan/ pengajar muda, dan para donatur yang peduli akan pendidikan.  Sampai saat ini, TBAP masih membuka pintu yang sangat lebar kepada para pemuda, pelajar, dan donatur untuk bergabung, karena saat ini, masih dibutuhkan beberapa staf pengajar muda, tidak hanya itu, fasilitas yang kurang memadai adalah salah satu faktor yang membuat terbukanya pintu untuk para donatur yang bersedia bergabung dan memberikan partisipasi kepada TBAP, demi perubahan yang lebih baik. Karena wilayah Pandeglang begitu luas, rencana selanjutnya, Rizal dan kawan-kawan TBAP, akan membentuk taman belajar di setiap Kecamatan.

Taman Belajar Cerdas (TBC), juga merupakan rencana rekan-rekan TBAP.Salah satu fungsi TBC adalah sebagai pusat belajar atau pimpinan semua taman belajar yang akan dibentuk di setiap kecamatan. 

  

0 komentar:

Posting Komentar